Motivasi psikologi pendidikan
Definisi Motivasi
motivasi berasal dari kata bahasa Latin “movere” yang berarti ”menggerakkan”. Berdasarkan pengertian ini makna motivasi menjadi berkembang.
- Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence pada tingkah laku tersebut.
3 fungsi motivasi:
-Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi
- Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai
- Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan guna mencapai tujuan
Pembelajaran yang mendayagunakan Motivasi
- Perhatian (Attention)
Perhatian siswa muncul didorong rasa ingin tahu
- Relevansi (Relevance)
Relevansi menunjukan adanya pembelajaran yang dilakukan dengan kebutuhan dan kondisi siswa
- Kepercayaan diri (Confidence)
Merasa diri kompeten atau mampu, merupakan potensi untuk dapat berinteraksi secara positif lingkungan
- Kepuasan (Satisfaction)
Keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan akan menghasilkan kepuasan, dan siswa akan termotivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan yang serupa
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
o Faktor Internal
faktor yang berasal dari dalam diri individu terdiri atas:
- Persepsi individu mengenai diri sendiri
- Harga diri dan prestasi
- Harapan akan masa depan
- Kebutuhan
- Kepuasan kerja
Faktor Eksternal; faktor yang berasal dari luar diri individu, terdiri atas:
- Fasilitas belajar,
- Cara mengajar guru,
- Kelompok kerja dimana individu bergabung
- Situasi lingkungan
Komentar
Posting Komentar