Motivasi psikologi pendidikan

Definisi Motivasi
motivasi berasal dari kata bahasa Latin “movere” yang berarti ”menggerakkan”. Berdasarkan pengertian ini makna motivasi menjadi berkembang.
- Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence pada tingkah laku tersebut.
 

3 fungsi motivasi:
 
-Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi
 
- Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai
 
- Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan guna mencapai tujuan

Pembelajaran yang mendayagunakan Motivasi
 
- Perhatian (Attention)
Perhatian siswa muncul didorong rasa ingin tahu
 
- Relevansi (Relevance)
Relevansi menunjukan adanya pembelajaran yang dilakukan  dengan kebutuhan dan kondisi siswa

- Kepercayaan diri (Confidence)
Merasa diri kompeten atau mampu, merupakan potensi untuk dapat berinteraksi secara positif lingkungan
 
 
- Kepuasan (Satisfaction)
Keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan akan menghasilkan kepuasan, dan siswa akan termotivasi untuk terus berusaha mencapai tujuan yang serupa

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
o Faktor Internal
faktor yang berasal dari dalam diri individu terdiri atas:
- Persepsi individu mengenai diri sendiri
- Harga diri dan prestasi
- Harapan akan masa depan
- Kebutuhan
- Kepuasan kerja

Faktor Eksternal; faktor yang berasal dari luar diri individu, terdiri atas:
- Fasilitas belajar,
- Cara mengajar guru,
- Kelompok kerja dimana individu bergabung
- Situasi lingkungan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kurikulum tahun 1984

Resume Buku Pengantar Studi Islam

pengertian penjualan dan pembelian