MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE


MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE
IMPROVE merupakan akronim yang merepresentasikan semua tahap di dalam model ini yaitu : Introducing new concepts, Metacognitive questioning,Practicing,Reviewing and reducing difficulties, Obtaining mastery, Verification, dan Enrichment (dalam Karunia dan Ridwan. 2015:60).  Menurut Miftahul (2013:254) model ini memiliki tiga kompnen independen yaitu
1.     Aktivitas metakognitif
2.     Interaksi dengan teman sebaya
3.     Kegiatan sistematik dari umpan-balik-perbaikan-pengayaan

Dalam model ini, pertanyaan-pertanyaan metakognitif menjadi kunci utama yang harus disajikan oleh guru. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat meliputi, antara lain:
1.     Pertanyaan pemahaman
2.     Pertanyaan strategi
3.     Pertanyaan koneksi
4.     Pertanyaan refleksi

Langkah-Langkah Model Pembelajaran IMPROVE
Tabel 1.1
Langkah-langkah Pembelajaran IMPROVE (Aris. 2014:83)

Fase
Deksriptif
Introducting the new concepts
Guru memberikan konsep baru melalui pertanyaan-pertanyaan yang membangun pengetahuan siswa.
Metacognitive Questioning
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan metagoknitif kepada siswa terkait materi.
Practiving
Siswa berlatih menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Reviewing and reducing difficulties
Guru memberikan review terhadap kesalahan-kesalahan yang dihadapi siswa pada saat latihan
Obtaining Mastery
Melakukan tes pada pertemuan berikutnya untuk mengetahui penguasaan materi siswa
Verification
Melakukan verifikasi untuk mengetahui siswa mana yang mencapai batas keluluasan dan siswa mana yang belum mencapai batas keluluasan
Enrichment
Pengayaan terhadap siswa yang belum mencapai batas kelulusan.
Menurut Aris (2014:84) kelebihan model pembelajaran IMPROVE dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya adalah
1.     Peserta didik lebih aktif karena terdapat latihan-latihan sehingga setiap peserta didik leluasa untuk mengeksploitasi ide-idenya.
2.     Suasana pembelajaran tidak membosankan karena banyaknya tahap-tahapan yang dilakukan peserta didik
3.     Adanya penjelasan di awal dan latihan-latihan membuat peserta didik lebih memahami materi.
Menurut Aris (2014:84) model pembelajaran IMPROVE memiliki beberapa kelemahan antara lain:
-        Guru harus mempunyai strategi khusus agar semua peserta didik dapat mengikuti langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran ini.
-        Tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan dalam mencatat informasi yang didengarkan secara lisan. 

Adapun salah satu teori yang mendukung model pembelajaran IMPROVE adalah teori konstruktivisme. Menurut Trianto (2009: 28), teori konstruktivis menyatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai. Kaitannya dengan model IMPROVE, model ini dilandasi oleh teori konstruktivisme salah satunya karena pada salah satu tahapan pembelajaran khususnya pada tahap mengenalkan suatu konsep baru, guru tidak langsung memberikan suatu konsep baru secara langsung, tetapi mengarahkan siswa untuk aktif secara individu atau kelompok untuk menemukan konsep secara mandiri.

Komentar

  1. Grand Victoria Casino - MapYRO
    Casino 경상북도 출장안마 Location. Grand Victoria Casino is located near 양산 출장샵 The Arena, Grand Victoria Casino, and The Bally's Casino 세종특별자치 출장샵 in 강원도 출장안마 the suburbs. It has 3.4 million 전라북도 출장안마 square foot

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kurikulum tahun 1984

Resume Buku Pengantar Studi Islam

pengertian penjualan dan pembelian