MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE
MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE
IMPROVE merupakan
akronim yang merepresentasikan semua tahap di dalam model ini yaitu : Introducing
new concepts, Metacognitive questioning,Practicing,Reviewing and reducing
difficulties, Obtaining mastery, Verification, dan Enrichment (dalam Karunia
dan Ridwan. 2015:60). Menurut Miftahul
(2013:254) model ini memiliki tiga kompnen independen yaitu
1.
Aktivitas
metakognitif
2.
Interaksi
dengan teman sebaya
3.
Kegiatan
sistematik dari umpan-balik-perbaikan-pengayaan
Dalam model ini,
pertanyaan-pertanyaan metakognitif menjadi kunci utama yang harus disajikan
oleh guru. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat meliputi, antara lain:
1. Pertanyaan
pemahaman
2. Pertanyaan
strategi
3. Pertanyaan
koneksi
4. Pertanyaan
refleksi
Langkah-Langkah Model
Pembelajaran IMPROVE
Tabel 1.1
Langkah-langkah
Pembelajaran IMPROVE (Aris. 2014:83)
Fase
|
Deksriptif
|
Introducting the new concepts
|
Guru
memberikan konsep baru melalui pertanyaan-pertanyaan yang membangun
pengetahuan siswa.
|
Metacognitive Questioning
|
Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan metagoknitif kepada siswa terkait materi.
|
Practiving
|
Siswa berlatih
menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
|
Reviewing and reducing difficulties
|
Guru
memberikan review terhadap
kesalahan-kesalahan yang dihadapi siswa pada saat latihan
|
Obtaining Mastery
|
Melakukan tes
pada pertemuan berikutnya untuk mengetahui penguasaan materi siswa
|
Verification
|
Melakukan
verifikasi untuk mengetahui siswa mana yang mencapai batas keluluasan dan
siswa mana yang belum mencapai batas keluluasan
|
Enrichment
|
Pengayaan
terhadap siswa yang belum mencapai batas kelulusan.
|
Menurut Aris (2014:84) kelebihan
model pembelajaran IMPROVE dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya
adalah
1. Peserta didik lebih aktif karena
terdapat latihan-latihan sehingga setiap peserta didik leluasa untuk
mengeksploitasi ide-idenya.
2. Suasana pembelajaran tidak
membosankan karena banyaknya tahap-tahapan yang dilakukan peserta didik
3. Adanya penjelasan di awal dan
latihan-latihan membuat peserta didik lebih memahami materi.
Menurut Aris (2014:84) model
pembelajaran IMPROVE memiliki beberapa kelemahan antara lain:
-
Guru harus
mempunyai strategi khusus agar semua peserta didik dapat mengikuti
langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran ini.
-
Tidak semua
peserta didik mempunyai kemampuan dalam mencatat informasi yang didengarkan
secara lisan.
Adapun salah satu teori
yang mendukung model pembelajaran IMPROVE
adalah
teori konstruktivisme. Menurut Trianto (2009: 28), teori konstruktivis
menyatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi
kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya
apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai. Kaitannya dengan
model IMPROVE, model ini
dilandasi oleh teori konstruktivisme salah satunya karena pada salah satu
tahapan pembelajaran khususnya pada tahap mengenalkan suatu konsep baru, guru
tidak langsung memberikan suatu konsep baru secara langsung, tetapi mengarahkan
siswa untuk aktif secara individu atau kelompok untuk menemukan konsep secara
mandiri.
Grand Victoria Casino - MapYRO
BalasHapusCasino 경상북도 출장안마 Location. Grand Victoria Casino is located near 양산 출장샵 The Arena, Grand Victoria Casino, and The Bally's Casino 세종특별자치 출장샵 in 강원도 출장안마 the suburbs. It has 3.4 million 전라북도 출장안마 square foot